ABSTRAK
Yeti Nurizzati. Perbandingan, Konsistensi dan Rasionalitas Persepsi Siswa
terhadap Pemilihan Islamic Boarding
School (Studi Komparatif Pesantren Nuurusshiddiiq dan Madinatunnajah
Cirebon)
Dengan
beragamnya jenis pendidikan yang ada, maka orang tua dan siswa,
haruslah pandai dalam memilih sekolah. Terlepas dari bagaimana manajemen
lembaga pendidikan dalam mengelola sekolah, maka bagaimana persepsi siswa pada
berbagai tingkatan sekolah terhadap pemilihan sekolah khususnya pesantren,
yaitu bagaimana perbandingan, kekonsistenan dan kerasionalannya dalam memilih
pesantren adalah masalah yang menarik untuk dikaji.
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Menjelaskan
latar belakang siswa memilih Pesantren Nuurusshiddiiq dan Madinatunnajah Cirebon; (2)
Membandingkan antar persepsi siswa di setiap tingkatan sekolah terhadap
pemilihan Pesantren Nuurusshiddiiq
dan Madinatunnajah Cirebon; (3) Mengetahui konsistensi dan
rasionalitas
antar persepsi siswa pada setiap tingkatan sekolah terhadap Pesantren Nuurusshiddiiq dan Madinatunnajah Cirebon.
Dalam
hal pemilihan pesantren, siswa akan mempertimbangkan faktor internal dan
eksternal. Faktor internal adalah faktor yang berasal dari dalam diri siswa,
terdiri dari pendidikan dan penghasilan orang tua siswa. Sedangkan faktor
eksternal adalah faktor yang berasal dari luar diri siswa yang tidak lain
adalah karakter yang dimiliki pesantren (islamic
boarding school)
Penelitian ini menggunakan
pendekatan penelitian kuantitatif deskriptif berupa eksplorasi data. Dengan
responden adalah santri di berbagai tingkatan sekolah (SD, SMP, SMA) di
Pesantren Nuurusshiddiiq dan Madinatunnajah, serta pengasuh pesantren dan
kepala sekolah. Teknik pengumpulan data adalah observasi, dokumentasi,
wawancara, dan angket. Teknik pengolahan data menggunakan program R untuk
memperoleh hasil biplot dan nilai R2.
Pada siswa
SD/MI, pemilihan pesantren masih kurang rasional; tapi meningkat
kerasionalannya untuk tingkat SMP/MTs dan SMA/MA. Kekurangrasionalan dalam
pemilihan tercermin dari faktor yang menjadi pertimbangan bukanlah kualitas
pembelajaran tapi hal lain seperti biaya, lokasi, atau kepribadian pengasuh
pesantren. Pemilihan pesantren di setiap tingkatan (SD, SMP, dan SMA) di Pesantren
Nuurusshiddiiq dan Madinatunnajah juga kurang konsisten satu sama lain. Hal ini
dilihat dari nilai R2 yang kecil yaitu SD-SMP sebesar 3,119%, SD-SMA
sebesar 3,002% dan SMP-SMA sebesar 0,741%.
Kata kunci : perbandingan, konsistensi, rasionalitas,
persepsi, islamic boarding school